Minggu, 03 Juni 2012

Kelompok Dalam Organisasi


Peran Kelompok Dalam Organisasi
        Manusia adalah salah satu dimensi penting dalam organisasi. Kinerja organisasi sangat tergantung pada kinerja individu yang ada di dalamnya. Anggota sebagai individu ketika memasuki organisasi akan membawa kemampuan, kepercayaan pribadi, pengharapan-pengharapan, kebutuhan dan pengalaman masa lalunya sebagai karakteristik individualnya.
Pada tingkat individu, jika anggota merasa bahwa organisasi memenuhi kebutuhan dan karakteristik individualnya, ia akan cenderung berperilaku positif. Tetapi sebaliknya, jika anggota tidak merasa diperlakukan dengan adil, maka mereka cenderung untuk tidak tertarik melakukan hal yang terbaik (Cowling dan James, 1996). Menurutnya juga, tidak semua individu tertarik dengan pekerjaannya. Akibatnya beberapa target pekerjaan tidak tercapai, tujuan-tujuan organisasi tertunda dan kepuasan dan produktivitas anggota menurun.

Jenis – Jenis Kelompok

    J.A.A. Van Doorn membedakan kelomok Formal dan Informal. Kelompok Formal mempunyai peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan oleh para anggotanya untuk mengatur hubungan mereka, contoh: semua perkumpulan yang memiliki AD/ART. Kelompok Informal tidak mempunyai struktur atau organisasi tertentu . Kelompok ini terbentuk karena pertemuan berulang-ulang, misal kelompok arisan.

Pengalaman Dalam Kelompok
        Saat dibangku sekolah dan universitas saya sering membentuk suatu kelompok untuk membahas suatu masalah yang diberikan guru atau dosen. Didalam suatu kelompok kita harus membuat suatu kesepakatan yang disetujui oleh setiap anggota kelompok. pernah suatu saat dalam suatu kelompok diskusi di sekolah kami mengalami suatu konflik dimana ketika saya dan teman kelompok tidak berpandangan yang sama mengenai suatu topik diskusi yang diberikan oleh guru pada saat itu. Selama diskusi berlangsung kami memegang pendapat kami masing-masing hingga guru mendekat menanyakan masalah yang kami hadapi dan memberikan kami solusi agar melakukan suatu voting. Akhirnya setelah mencapai mufakat kami menyampaikan hasil diskusi kami kepada teman-teman kelompok lain. Sehingga dalam suatu kelompok diskusi kita harus saling bekerja sama dan harus dapat mendengerkan pendapat dari setiap anggota kolompok agar dapat terjadi suasana yang kondusif dalam kelompok.

sumber : http://goenable.wordpress.com/2012/01/05/peranan-individu-dan-kelompok-dalam-organisasi/
             http://riza-ah.blogspot.com/2010/01/kelompok-formal-dan-informal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar